Keutamaan Air Zamzam dalam Al Qur’an dan Hadist

Posted: 12 September 2011 in Air Zamzam
Tag:, ,

Dari Abu Dzar RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya ia adalah mata air yang diberkahi. Sesungguhnya ia adalah makanan yang mengenyangkan”.

Beliau SAW juga bersabda: “air Zamzam berguna untuk tujuan apa ia diminum. Jika engkau meminumnya untuk tujuan kesembuhan, niscaya Allah menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya untuk memperoleh perlindungan, niscaya Allah melindungi. Dan jika engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, niscaya Allah menghilangkan dahagamu”.

Dari Abu Dzar RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Zamzam adalah makanan yang mengenyangkan dan penyembuh penyakit” .

Dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya salah satu tanda yang membedakan antara kita dengan orang-orang munafik adalah mereka tidak mau bertadhollu’ dengan air Zamzam”.

Tadhollu’ memiliki arti: meminum dalam jumlah yang banyak hingga merasa kenyang atau puas. Dan, air yang diminum mencapai bagian rusuk orang yang minum.

Sedangkan yang dimaksud dengan tasyafi adalah: meminum air Zamzam sebagai sarana terapi. Mengenai hal ini terdapat hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA yang berkata bahwa Rasulullah SWA bersabda: “Air yang paling baik di permukaan bumi adalah air Zamzam. Ia mengandung makanan yang mengenyangkan dan obat penawar bagi penyakit”.

 

Sumber: Buku; Berkah Air Zamzam oleh Ahmad Salim Badwilan,  penerbit: Mumtaza

 

 

Komentar
  1. Siti Rahmah berkata:

    mohon dipaparkan mendetail dong

  2. mursyid berkata:

    bisa tau sumber lain g?

  3. […] Keutamaan Air Zamzam dalam Al Qur’an dan Hadist […]

Tinggalkan komentar